Tips dan Cara Membuat video Slow Motion Dengan HP Android

Ketika anda ingin membeli sebuah smartphone pasti tentunya anda akan melihat spec dari sebuah smartphone tersebut salah satunya dalam hal kamera. Akhir-akhir ini para produsen berlomba-lomba merancang fitur kamera terbaik, salah satunya fitur kamera yang mampu merekam dalam gerak lambat atau disebut SLOW MOTION

Menurut David Soong seorang fotografer profesional fitur ini akan menjadi tren di tahun ini, sebabnya banyak momen-momen yang akan menjadi keren dan epic.Misalnya saat orang sedang berlari, burung-burung terbang dan hal-hal sederhana lainnya. David Soong juga mengatakan bahwa beberapa bulan kedepan banyak footage slow motion di media sosial.


CARA KERJA FITUR GERAK LAMBAT (SLOW MOTION)

Tentunya anda pernah melihat adegan ulang goal saat pertandingan bola bukan ? Biasanya tayangan tersebut ditampilkan dengan gerak lambat. Slow motion bekerja dengan cara mengurangi kecepatan dari frame video yang bila awalnya bergerak 100%(normal) akan menjadi 25% atau 50%.

Sebelumnya memperlambat video dilakukan dengan cara mengedit dengan perangkat komputer dengan suatu aplikasi.Tentunya hal ini akan membuang-buang waktu terlebih lagi akan menyusahkan bagi anda yang tidak mempunyai skill dibidang multimedia. Menurut David Soong smartphone mempunya kelebihan tersendiri dibanding dengan kamera digital dalam hal pengambilan video kekinian yang terkenal dengan nama Slow Mo. Karena smartphone lebih mudah dibawa kemana-mana dan bentuknya yang praktis sehingga ia selalu siap bila tiba-tiba ada momen-momen menarik yang muncul didepan mata.

MOMEN MENARIK APA SAJA YANG BISA DIBUAT SLOW MOTION 

Momen Sederhana
Anda dapat menyulap hal-hal sederhana menjadi dramatis. Misalnya menuang susu kedalam mangkuk sereal, bahkan pada saat meniup gelembung.

Momen yang Berlangsung Cepat
Peristiwa-peristiwa yang berlangsung cepat sangat sulit ditangkap oleh indra penglihatan. Misalnya orang menari, adegan berlari dan terjun ke kolam renang, hingga saat peserta maraton sampai di garis finish dan lain-lain.

Partikel yang Bergerak Cepat
Partikel disini maksudnya adalah benda-benda kecil yang mempunyai gerakan cepat yang susah diamati. Contohnya air hujan, daun jatuh, percikan air, turun salju, dan lain-lain.


TIPS MEMBUAT VIDEO SLOW MOTION

Peka
Tips pertama agar anda bisa membuat video slow motion adalah anda harus peka terhadap sekitar anda. Sebab momen yang bagus biasanya tidak terjadi dua kali, sehingga anda harus tanggap.

Melihat Kondisi
Anda perlu melihat kondisi sebelum melakukan perekaman. Terutama objek yang akan anda tangkap, apabila objek dalam kondisi diam makan anda lah yang harus bergerak bersama smartphone anda.

Pencahayaan
Dalam bidang fotografi dan pembuatan video Slow Motion, pencahayaan adalah hal yang sangat fital, agar tidak terjadi flicker dalam gambar. Cahaya yang terekam oleh lensa harus terang, baik didalam maupun luar ruangan.

Kreatifitas
Ini adalah kunci akhir dalam pengambilan video Slow Motion.Oleh karena itu, anda harus mengasahnya mulai dari sekarang. Saat ini untuk mempelajari dunia fotografi dan videografi tidaklah sesusah jaman dulu, dimana internet belum berkembang seperti sekarang. Dulu untuk membuat foto atau video yang bagus harus menggunakan pengetahuan dan alat-alat yang canggih. Tapi sekarang orang bebas untuk berkarya dan menuangkan kreatifitas dengan modal ponsel.

Demikianlah Tips dan Cara Membuat Video Slow Motion Dengan HP Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuat video Slow Motion. Jika anda mempunyai pertanyaan yang belum jelas silahkan ajukan pertanyaan dikolom komentar, Sekian  dan Terimakasih.

0 Response to "Tips dan Cara Membuat video Slow Motion Dengan HP Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel